29/10/2020

Silampari Update

Berita Terkini Bumi Silampari

Cegah Stunting Melalui Literasi dan Parenting

MUSI RAWAS LK- Keseriusan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Pemkab Mura) dalam pencegahan stunting di wilayah Kabupaten Mura terus ditunjukan.

Salah satunya dengan turun langsung ke desa dengan roadshow untuk memberikan sosialisasi cegah stunting melalui parenting dan literasi ibu-ibu.

Hal tersebut ditunjukan dengan kegiatan Bunda PAUD sekaligus Bunda BACA Kabupaten Mura, dr Hj Noviar Marlina Gunawan.

Bahkan kegiatan tersebut sudah berjalan di beberapa desa dalam kecamatan di Kabupaten Mura. Kemarin tindak lanjut di Kecamatan Selangit.

Kegiatan di pusatkan di Desa Lubukngin Kecamatan Selangit tersebut, juga mengikut sertakan beberapa Organisasi Perangkat Daearah (OPD) terkait lainnya, seperti Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Mura. Dimana kedua OPD tersebut memiliki peran masing masing.

Bunda PAUD Kabupaten Mura, dr Hj Noviar Marlina Gunawan mengatakan, dalam kegiatan tersebut tidak semata-mata memberikan materi. Melainkan juga memberikan edukasi kepada orang tua dengan cara yang unik sehingga mudah diterima oleh ibu-ibu yang notabennya berusia diatas 30 tahun.

“Dalam kegiatan pendidikan keluarga dan sosialisasi cegah stunting melalui Parenting diisi dengan penyammpaian materi mengenai seputaran stunting, mulai dari pencegahan dan gejala,” ucapnya.

Sedangkan untuk kegiatan meliterasi ibu-ibu dalam pencegahan stunting sambung ia, yakni dipilihnya ibu-ibu dalam kegiatan tersebut sebab ibu merupakan induk pertumbuhan gizi anak. Sebab ibulah yang menyiapkan menu atau makanan untuk anak-anaknya.

“Dalam kegiatan ini, kita kampanyekan dan mengedukasi ibu-ibu tentang makanan yang sehat dengan makanan makanan sayur dan buah segar. Intinya, melalui kegiatan ini supaya warga mengetahui persis tentang stunting dan cara pencegahannya. Langkah antisipasi agar balita tidak mengalami stunting yakni memperbanyak makan makanan bergizi, kecukupan gizi bagi remaja perempuan agar ketika mengandung,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Selangit, Hj Rusiana Mulawati menyampaikan, dalam kegiatan Bunda PAUD di Kecamatan Selangit yakni dalam rangka kegiatan pendidikan keluarga dan sosialisasi cegah stunting melalui Parenting serta meliterasikan ibu-ibu dalam pencegahan stunting

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemberian bantuan makanan tambahan bagi anak-anak PAUD serta mengkampanyekan makan buah dan sayur.

“Terimakasih kepada Bunda PAUD yang hadir di Kecamatan Selangit. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat, khususnya ibu-ibu ini paham akan apa itu penyakit Stunting dan cara pencegahannnya. Sehingga dapat mewujudkan anak-anak yang cerdas dan sehat,” tutupnya. (Roem)